Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Begini Caranya Membuat Hardsub Dilinux

Posting Komentar
Selamat sore teman-teman muhafizhin semua, setelah saya try and error saya telah menemukan caranya membuat hardsub dilinux yang sebelumnya saya sangat bingung.

Apa itu hardsub? hardsub adalah menyatukan text dengan video yang bersifat permanent atau lengket dengan videonya

Kegunaannya apa? kegunaannya untuk watermark agar hasil subtitle kita tidak dicuri orang lain dan bisa dimainkan tanpa punya file subtitle karna sudah hardsub.

Apa saja yang harus dipersiapkan?
1. Laptop dengan sistem opersi linux, klw windows mungkin next time
2. Applikasi Aegisub
3. Handbrake
4. Situs Ini
5. Videonya

Langkah langkah
1. Kita pilih dulu video yang akan kita jadikan hardsub
2. Kita Buat Subtitlenya diaegisub caranya bisa klik disini

3. Selanjutnya Subtitle itu kita upload kesini https://lab.sorz.org/tools/asstosrt/?lang=en

a. Tampilan web
b. klik browse file dan pilih file ass aegisub tadi
 c. Kemudian klik convert & Download maka akan muncul, klik save file ok.


 4. Lalu kita atur lagi subtitile yang telah kita download tadi seperi cara kedua disana ada tutorialnya
5. adalah langkah hardsubnya
a.pertama buka dulu applikasi handbrakenya dan pilih format yang sesuai kebutuhan, jika belum punya kembali kelangkah nomor 2.
 
b. lanjut, klik open source
c. cari filenya
d.kemudian cari tab subtitle




e. klik add dan klik file


f. cari filenya


g. setelah ini klik ok


h. jika muncul seperti ini klik resume, dont tell me again.



 i. Tunggu prosesnya
  
j. Hasilnya



Kesimpulan.
Sebelum menemukan cara ini saya mencoba

1. hardsub menggunakan format factory dililinux menggunakan wine dan gagal, saya ga tau kenapa
2. softsub menggunakan mkv toolnik GUI berhasil tapi saya maunya hardsub
3. handbrake tapi menggunakan file subtitle .ass ga berhasil disaya
4. dan akhirnya saya dapat ide untuk menjadikan file ass. jadi .srt dan inilah cara yang saya gunakan.
5. waktu saya merubah posisi subtitle keatas video tapi tetap saja muncul kebawah video saya tidak tau kenapa.
 6. Klw kurang jelas silahkan bertanya.



Muhafizhin C.STMI
Personal Development Expert

Related Posts

Posting Komentar