Magang Dipustaka Bung Hatta Dan Keindahannya

Magang Di Pustaka Bung Hatta Dan Keindahannya

 
     
     Assalamualaikum wr.wb berjumpa kembali dengan saya muhammad muhafizhin, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya yaitu Magang Dipustaka Bung Hatta, sebelumnya saya bisa magang disini karena sebuah program pelatihan yang bernama Pelatihan Kecakapan Kerja Sekretaris.

     Sebelum masuk kedalam magang kita bahas dulu keindahaan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta merupakan perpustakaan terbesar di Sumatera Barat yang  terletak di Jalan Kusuma Bakti-Gulai bancah dan diresmikan pada tanggal 21 September 2006 oleh Presiden RI H. Susilo Bambang Yudhoyono, Perpustakaan Bung Hatta memiliki halaman yang luas cocok untuk menikmati kesegaran udara atau sekedar untuk beristirahat menikmati pemandangan.





     Kita lanjutkan keproses magang, saya memulai magang diPerpustakaan Proklamator Bung Hatta pada tanggal 25 September 2017 sampai 24 Oktober 2017, Seharusnya saya memulai magang pada tanggal 18 oktober 2017 karena ada urasan penting kegiatan magang saya mesti diundur, Dimulai dari pengantaran surat saya lakukan sendiri dan baru pada saat magang saya diantarkan oleh guru, gilaak.. itu pengalaman berkeringat banget waktu itu minta izin magangnya sama kakak yang dipromosi 4 hari, ya lupa liat tanggal kiranya pada hari jumat itu acaranya masih berlanjut, cemas setengah hidup saya, lalu hari senin baru saya datang dan sukurlah tidak ada permasalahan, hehe...

     Magang dimulai hari senin dan saya diposisikan dibagian tata usaha sampai berakhirnya magang, sebelum ke tata usaha saya menungu penempatan oleh bagian promosi ,dari sana saya mulai mengenal Buk Elli, Buk Yen dan Buk Yulia yang waktu itu jam hampir menunjukan jam makan siang, dan kami makan bersama deh, kebersamaan ibuk-ibuk itu jempol deh..


A. Kegiatan Magang

  Kegiatan ditata usaha terbilang sedikit sibuk dan dari sanalah saya mendapatkan banyak pengetahuan mengenai pengadministrasian umum.

                                     
  1. Mencatat Surat masuk dan Surat keluar
  2. Lembar Disposisi
  3. Pengarsipan dikomputer
  4. Pengarsipan difilling kabinet
  5. Surat izin tidak masuk kerja/ keluar saat jam kerja
  6. Buku Ekspedisi
  7. Membuat alamat surat diamplop
  8. Membuat surat
  9. Perbaikan Printer(tidak diajarkan,saya telah diajarkan dahulu oleh teknisi)
  10. mengembalikan file yang hilang (saya belajar otodidak)

     Itulah beberapa pengetahuan yang saya ingat selama magang jika ada yang belum tertulis saya minta maaf karena saya hanyalah manusia yang punya sifat lupa :).


     Lalu muncullah pertanyaan kemampuan apa yang seharusnya dibutuhkan seorang karyawan dikantoran atau khususnya bidang saya yaitu sekretaris?

  1. Microsoft Office
  2. Bahasa Inggris
  3. Perbankan, yaitu pengetahuan dasar tentang bank
  4. SIM C atau SIM A
  5. Pesan atau booking hotel atau pesawat
  6. Kirim dan terima Email
  7. Presentasi
  8. MC
  9. dsb.

     Disaat magang kita harus bersabar, dan anggaplah semua yang kita lakukan adalalah ibadah sehingga menjadi amal buat kita.

     Demikianlah pengalaman magang yang dapat saya bagikan, dalam penulisan ini masih banyak kekurangan atau hal-hal yang tidak saya ceritakan secara detail dikarenakan semua hal mempunyai dua sisi yang berlawanan seperti YIN & YANG, keep spirit...

B. Daftar Gambar

1. Mengatar Buku rusak untuk diproses lebih lanjut


2. Shelving(menyusun buku dirak) tiap pagi


3. Penyelamat nih, kirain magangnya bakalan sendirian, dan ternyata mereka datang, you save my on job training.

4. Gambar waktu pas tanggal terakhir magang, hehe ada nuget.


5. Ini yang membuat magang saya barokah, full of knowledge..



















6. Penjemputan oleh guru yang menandakan berakhirnya magang saya di Pustaka Bung Hatta





















Terima kasih telah berkunjung keblog saya - Magang Dipustaka Bung Hatta Dan Keindahannya

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Magang Dipustaka Bung Hatta Dan Keindahannya"